Minggu, 10 Agustus 2008

manfaat dari mandi

Mandi, Bikin Segar dan Sehat
Menurut penelitian terbaru mandi tidak hanya untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress, tetapi mandi juga memiliki peranan yang penting meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti EKSEMA dan bahkan menyembuhkan masalah medis yang serius.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England journal of medicine menunjukan penderita diabetes yang menhabiskan hanya setengah jam berendam dalam air hangat dapt menurunkan tingkat gula dalam darah sekitar 13%.
Penelitian terpisah di jepang menunjukan 10 menit berendam di air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka manjalani test olah raga lebih baik dan mengurangi rasa sakit.
Beberapa Manfaat mandi dan petunjuk mandi yang mengasyikan dan menyehatkan
1. Mengeluarkan Racun
Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat celcius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan teksin. Mandi air hangat membantu menurunkan tingkat gula dalam darah, menyembuhkan rasa sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan 10-20 menit.
2. Stress
Jika anda benar-benar mengalami stress, amndi air dingin akan menjadi sumber jawaban yang tepat. Temperatur yang dianjurkan sekitar 12-18 derajat Celcius, mandi air dingin sangat baik meredakan ketegangan, sebaiknya dari air hangat karena mandi air dingin dapat mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah dalam tubuh.
3. Eksema
Penyakit kulit tertentu seperti eksema, ruam atau gatal-gatal.Dengan menambahkan Baking Soda (Sodium Bicarbonate) kedalam bak mandi dapat membuat perbedaan besar, sodium bicarbonate bertindak sebagai antiseptik, isi air dengan air hangat, kemudian tambahkan kira-kira 1 pound baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam 10-20 menit.
4. Infeksi
Inferksi seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat cuka dari sari buah apel kedalam bak mandi. Ini juga untuk mengeluarkan racun dari dalm tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam.Tambahkan pada air hangat dan pada trahap ini dianjurkan berendam 15-20 menit.
5. Flu dan Sakit Kepala
Berendam dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan Flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang telah lelah. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dari pergelangan kaki kemudian tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender atau peppermint , kemudian setelah selesai basuh dengan air dingin.Dianjurkan dilakakukan selama 10-20 menit.
6. Sirkulasi
Cobalah merendam kaki secara bergantian antara air hangat dan air dingin jika anda mengalami masalah sirkulasi, mulai dengan merendamkan kaki selama satu atau dua menit dalam air hangat, kemudian 30 menit dalam air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselesaikan dengan air dingin.
7. Insomania
Nerendam kaki pada air dingin sangat baik bagi anda yang memiliki maslah insomania atau mereka yang memiliki masalah tidur. Masukan kaki samapi kaki meras dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki yang lelah, pendarah hidung Flu dan sembelit.

Tidak ada komentar: